Skip to content
Propaganda Adalah Seni – Relift Media

Propaganda Adalah Seni Bacaan non-fiksi politik

author _Alfred McClung Lee_; date _1939_ genre _Politik_; category _Esai_; type _Nonfiksi_ Kapan sebuah propaganda sesuai dengan prinsip-prinsip demokrasi? Ia sesuai ketika cenderung memelihara dan memperluas demokrasi; ia antagonistik ketika meruntuhkan atau menghancurkan demokrasi. Barangkali pelajaran terpenting yang masih harus diambil dari konflik yang terus-menerus bertambah antara demokrasi dan kediktatoran adalah bahwa, jika warga Amerika hendak memiliki pemahaman jernih akan kondisi-kondisi dan apa yang harus dilakukan terkait kondisi itu, mereka harus bisa mengenali propaganda, menganalisanya, dan menaksirnya. Berikut ini adalah panduan tak ternilai untuk semua orang Amerika yang khawatir tentang percampuradukan suara-suara yang terus-menerus mengepung kuping mereka. Studi ini melaporkan apa yang telah diungkap oleh penye­lidikan ilmiah menyangkut muslihat-muslihat terkini para propagandis tak demokratis dan uji-uji untuk dapat mende­teksi teknik-teknik ini. Pembaca dapat mempelajari Tujuh ABC Analisa Propaganda, selain Tujuh Muslihat Propa­ganda yang hari ini merupakan trik utama keterampilan ini. Karena salah satu dari bahaya-bahaya luar biasa sekarang ini adalah penggeseran sikap bebas saling memberi dan me­nerima dalam diskusi di seputar tong kraker1 melalui hipno­tisme radio massal, para penyelidik mengilustrasikan kerja mereka dengan ucapan-ucapan seseorang yang diakui memi­liki kecenderungan pro-fasis: Pastor Charles E. Coughlin dari Detroit, yang program bincang radionya merepresentasikan peminjaman tipikal metode-metode propaganda asing anti-demokrasi oleh seorang propagandis Amerika.

Kata Pengantar

Hari ini dunia lebih terombang-ambing daripada se­belumnya antara dua keyakinan. Secara individu dan secara kolektif, bangsa-bangsa bumi sedang bersekutu di bawah panji-panji demokrasi di satu sisi dan kediktatoran di sisi lain. Perbedaan antara dua keyakinan ini di berbagai negara tidak mengubah gambaran. Dalam pergulatan ini, simpati mendarah daging rakyat Amerika untungnya ada di pihak demokrasi. Kita juga sadar demokrasi bukanlah sebuah filsafat ekonomi, politik, dan sosial yang dapat dipelihara tanpa usaha. Demokrasi harus dijalankan selain diyakini. Ia harus memasuki pola pikir dan pola aksi setiap generasi baru. Biar bagaimanapun, sebagai­mana dicontohkan dengan begitu tragis oleh Republik Jer­man, peran yang dimainkan oleh semangat demokrasi—semangat main adil—dalam kehidupan sehari-hari dan pemi­kiran masyarakat adalah lebih penting lagi bagi pemeliha­raan demokrasi dibanding kerangka demokratis pemerinta­han. Dasar penting untuk demokrasi ini dirangkum oleh Ale­xander Hamilton dalam sebuah “Federalist Paper” pada 1788. Dalam mendiskusikan kebebasan pers, dia berpendapat bahwa jaminan kebebasan pers, “apapun deklarasi bagus yang mungkin disisipkan ke dalam konstitusi apapun mengenai itu, harus sepenuhnya bergantung pada pendapat khalayak, dan pada semangat umum rakyat dan pemerintah”. Efektivitas jaminan kebebasan-kebebasan lain dalam kons­titusi juga bergantung—dalam jangka pendek atau panjang—pada toleransi yang dipertontonkan oleh rakyat yang hidup di bawahnya. Pendek kata, sebagai imbalan untuk perlindungan pintar hak-hak kita melalui penggunaan pintar surat suara dan toleransi dalam perilaku pribadi kita, demokrasi mem­beri kita kebebasan untuk mengembangkan nasib-nasib indi­vidual kita di bawah batasan hukum masuk akal dan tanpa membedakan kelas, ras, atau kredo. Prinsip aksi pertama di sebuah negara demokrasi adalah bahwa semua anggota dewasa sama-sama memiliki andil, melalui wakil-wakil mereka, dalam pembuatan keputusan yang mempengaruhi kebijakan publik. Mereka harus mema­hami keputusan yang dibuat pemimpin-pemimpin tersebut, dan mereka harus memiliki jalan alternatif untuk ditempuh melalui sarana damai. Alhasil, dalam masyarakat demo­kratis, penting sekali kawula muda dan orang dewasa belajar bagaimana berpikir, belajar bagaimana memutuskan. Mereka harus belajar bagaimana berpikir secara independen, dan mereka harus belajar bagaimana berpikir bersama. Mereka harus mencapai kesimpulan, tapi di saat yang sama mereka harus mengakui hak orang-orang lain untuk mencapai ke­simpulan berseberangan. Sejauh menyangkut individu-indi­vidu, seni demokrasi adalah seni berpikir dan berdiskusi secara independen bersama-sama. Institute for Propaganda Analysis diadakan untuk mem­bantu mengembangkan seni berpikir dan berdiskusi secara independen bersama-sama ini. Ia berusaha menerangkan muslihat-muslihat yang dipakai propagandis dalam upaya mereka mengayun kita ke cara berpikir dan bertindak mereka. Institute yakin, maksud ini hanya bisa dicapai melalui studi terus-terang dan tak berat sebelah terhadap muslihat-musli­hat dan sasaran-sasaran nyata para spesialis dalam mendis­torsi pendapat khalayak. Kita semua tahu sedikit tentang muslihat-muslihat yang dipakai para propagandis, seruan mereka kepada sentimen dan emosi kita. Sampai sejauh itu, sekarang kita berkecaka­pan untuk “menembus pandang” beberapa pernyataan propa­ganda yang kita baca dan dengar. Tapi muslihat-muslihat para propagandis sudah berubah. Muslihat-muslihatnya sudah berkembang luar biasa selama dua atau tiga dasawarsa terakhir, distimulasi oleh krisis-krisis sosial kita yang berulang di seluruh dunia dan oleh perluasan besar alat komunikasi massal. Trik-trik menjadi semakin kompleks dan busuk. Banyak dari mereka kini perlu dianalisa cermat secara ilmiah sebelum dapat dibeberkan apa adanya. Namun, sekali trik-trik demikian ditemukan, banyak orang bisa memahami bagaimana mereka “bekerja” dan karenanya mengenali mereka dan menangkap arti mereka “kali berikutnya”. Sebagian orang tidak sabar dengan jalan yang ditempuh oleh Institute. Sebagian suka menghalangi para pembicara tak demokratis dari radio-radio kita, majalah-majalah ktia, dan panggung-panggung publik kita, tapi ini sama dengan menyerahkan prinsip-prinsip diskusi bebas—esensial untuk demokrasi—yang paling kita junjung, dan mengadopsi me­tode-metode diktator. Jalan demikian akan tragis. Yang lain suka menghadapi propaganda berbahaya dengan serangan balasan langung—dengan apa yang dinamakan kontra-pro­paganda—tapi hasilnya, dalam kebanyakan kasus, akan me­nyenangkan orang-orang yang mencoba meruntuhkan per­adaban Amerika. Itu akan memusatkan perhatian tak berala­san kepada ucapan-ucapan mereka. Itu akan menstimulasi alih-alih menetralkan pengaruh mereka. Ini tentu juga akan berakibat tragis. Demokrasi menyediakan jalan untuk mengatasi musuh-musuhnya dari dalam selain dari luar. Jalan ini adalah jalan pendidikan demokrasi, yang diperkuat untuk menghadapi permasalahan baru kita. Itu satu-satunya jalan yang tersedia yang memperkenankan kita melindungi pemikiran kita dari distorsi busuk oleh usaha-usaha berlapis gula untuk merunt­uhkan peradaban kita dan di saat yang sama memperkenan­kan kita membantu memperkuat proses-proses demokrasi kita. Dalam serangan fundamental ini terhadap kekuatan-kekuatan anti-demokrasi, analisa propaganda bisa memain­kan peran signifikan. Sekali kita memahami trik-trik para propagandis, kecil ke­mungkinannya kita akan terpedaya oleh mereka, kecil ke­mungkinannya kita akan berasumsi dengan begitu mudah bahwa resep-resep mereka dan bahkan “fakta-fakta” mereka seterpercaya kelihatannya. Berkecakapan demikian, kita bisa lebih mudah membedakan antara pemimpin-pemimpin ter­percaya dan orang-orang “pengobatan besar” yang akan me­nuntun kita ke arah intoleransi, kebencian, dan akhirnya perang untuk tujuan egois. Analisa propaganda dan bahkan semua fase proses pendi­dikan demokrasi bisa ditempuh hanya di negara demokrasi. Hanya di negara demokrasi para ilmuwan dapat—tanpa pe­duli medan penyelidikan mereka—mencurahkan diri sepenuh hati pada pencarian pengetahuan baru yang begitu esensial untuk pelestarian semua peradaban manusia, begitu esensial untuk peperangan kita melawan penyakit, ketidakadaptasian sosial, dan intolerasi yang membutakan pikiran. Dan penyeli­dikan ilmiah, yang senantiasa mendesak maju ke medan-me­dan kurang dikenal, sangat penting untuk memasok bahan dan juga memelihara semangat pendidikan demokrasi. Dalam buku ini, Institute melaporkan apa yang diungkap oleh penyelidikan ilmiah menyangkut muslihat-muslihat ter­kini para propagandis tak demokratis dan uji-uji untuk dapat mendeteksi teknik-teknik ini. Penemuan mengenai metode-metode propaganda ini diilustrasikan di sini dengan ucapan-ucapan seseorang yang diakui memiliki kecenderungan pro-fasis: Pastor Charles E. Coughlin dari Detroit. Program bin­cang radio Romo Coughlin dipilih untuk dianalisa karena itu merepresentasikan peminjaman tipikal metode-metode pro­paganda asing anti-demokrasi oleh seorang propagandis Amerika. Dr. Alfred McClung Lee dari New York University, dengan bantuan isterinya, Dr. Elizabeth Briant Lee, telah mengadap­tasikan, untuk kepentingan buku ini, teknik-teknik dan mate­rial-material lain dari Institute dan menggunakannya dalam menganalisa propaganda Romo Coughlin. Dia juga mendapat kerjasama dalam karya ini dari staf Institute dan banyak anggota dewan pengurusnya.
Judul asli : The Fine Art of Propaganda<i=1wqTzegXqrfyh8WWhsG32g39zH_Ex2aBP 795KB>The Fine Art of Propaganda
Pengarang :
Penerbit : Relift Media, Oktober 2024
Genre :
Kategori : ,

Unduh

  • Unduh

    Propaganda Adalah Seni

  • Koleksi

    Koleksi Sastra Klasik (2024)